*tribute to one who make this ridiculuous function

Oke…setelah lama gak posting…akhirnya dapet mood bwt posting isi blog lagi, ditengah-tengah belajar IB+facebookan+kaskusan+matibekuan+rileksan. Sekarang gw isi yang agak2 ringan dulu deh….lagi gak ada ilham buat bikin yang berat2….

Jadi, ceritanya kemaren pas lagi ngerjain eksplorasi ERP di tempatnya anto, gw ngeliat statusnya wulan, yg tiba2 berubah jadi superalay. Trus tiba2 wulan ym gw ke ym gw yg satunya (dual_jurassic) dan awalnya malah nanya siapa gw. Berhubung emang tuh ym jarang gw sebar2in (ym lama, bikinnya pas smp), gw bilang siapa gw tentunya. Terus wulan ngasih tau link yang satu ini:

http://www.hericz.net/blog/ABG_Text.html

Begitu diliat dalemannya, gw langsung ngakak gila2an…..di dalemnya bisa ngubah teks non-alay/teks non-bergaya-ABG ke teks yg alay atau isitilah kerennya: ABG style a.k.a g40lllll……

Trus gw liat source code pagenya dan nemu fungsi yang satu ini:

function HumanToABG(form){
var abgteks="";
var stemp;
var i,j;
var acak;
var aseli=form.aseli.value;

var TabelHuruf="AEGIOSZ";
var TabelAngka="4361052"; //01234567890
var TabelVokal="AIUEO";


if(aseli.length)
{
//modifikasi huruf besar kecil kecil
if(form.pilihan[0].checked==true)
{
for(i=0;i
{
acak = Math.round(2*Math.random())
if(acak)
abgteks=abgteks+aseli.charAt(i).toLowerCase();
else
abgteks=abgteks+aseli.charAt(i).toUpperCase();
}
}
else
abgteks=aseli;

//Modifikasi huruf jadi angka
var terganti=0;
stemp="";
if(form.pilihan[1].checked==true)
{
for(i=0;i
{
acak=Math.round(2*Math.random())
terganti=0;
if(acak)
{


for(j=0;j
{
if(abgteks.charAt(i).toUpperCase()==TabelHuruf.charAt(j))
{
stemp=stemp+TabelAngka.charAt(j);


terganti=1;
break;
}
}
}


if(terganti==0) //huruf tidak dapat diganti
stemp=stemp+abgteks.charAt(i);
}
abgteks=stemp;
}


//disingkat-singkat biar pendek
stemp="";
if(form.pilihan[2].checked==true)
{
for(i=0;i
{
acak=Math.round(2*Math.random())
terganti=0;
if(acak)
{


for(j=0;j0))
{
//stemp=stemp+TabelAngka.charAt(j); hilangkan saja
terganti=1;
}
break;
}
}
}

if(terganti==0) //huruf tidak dapat diganti
stemp=stemp+abgteks.charAt(i);
}
abgteks=stemp;
}


form.abg.value=abgteks;
}
else
{
form.abg.value="Ya, anda sudah bukan ABG lagi. Kakek tolong itu diisi dulu form-nya";
}
}

*indentasi males dibetulin😛

Fungsinya masukkannya si form teksnya, terus diambil isi stringnya. Gampang sih kalau mau diubah ke bentuk lainnya.

Fungsi ini gak bisa gw balik begitu aja ternyata. Mau bikin fungsi de-alaynya, susah juga apalagi klo harus nge-non-alay-in yang kata2nya dipendek-pendekkin. Kalau cuman yg huruf ganti angka ma huruf besar-huruf kecil sih udah bisa. Btw puja klo gak salah kemaren bikin add-in word buat ngeconvert teks gaya alay di word tuh😛

Keuntungan fungsi diatas:

– Susah dibaca teks outputnya (butuh kadar alay yg cukup tinggi)

– Menjembatani kaum non-alay dengan kaum alay terkait masalah bahasa :))

Udah deh, segitu dulu, mo balik mecahin teka-teki matibeku.com dulu…eh salah, belajar buat UAS IB maksudnya