Category: Hello-IT?


Okay, where was I? Oh yes, the first day of Blackberry Devcon. Setelah makan siang, semua peserta mulai memasuki sesi yang lebih spesifik pada ruangan-ruangan yang terpisah. Untuk sesi pertama sehabis makan siang yang pertama gw tuju adalah “Introduction to Blackberry Tablet OS”. Tapi, untuk yang ini sayangnya gw datang terlambat karena nyangkut rada lama di ruang Exhibition (abis nyobain Blackberry Playbook langsung πŸ˜› sama ngobrol ama foundernya 7Langit, Oon IFXX (lupa IF taun berapa, tapi bukan yg 2005 pastinya :D)). Alhasil, untuk sesi pertama ini, cuman dapet summarynya which is:

1. It is a QNX based OS

2. First framework for building apps in this OS launched is for Adobe AIR and Webworks, the next will follow

Untuk sesi kedua, cuman keluar buat absen doang (pake RFID di nametagnya :D). Terus lanjut mendengarkan session kedua yang gw hadiri, yaitu tentang “Designing Mobile User Interface” yang dibawakan oleh Gary Klassen. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mendesain UI untuk mobile app adalah:

1. Perbedaan tipe user (Try think like end user!)

2. 4 faktor penilai bagus tidaknya sebuah mobile UI: Responsiveness, Clarity, Certainty, Forgiveness (detail will follow after I get home, still in Excelso by the time I write this :P)

Sesi selanjutnya yang gw ikuti adalah “Building Playbook Application” oleh Julian Dolce. Setelah gw masuk, gw nyadar gw salah masuk. Kenapa? Karena banyak ngomongin soal Adobe AIR (dan gw seumur2 gak pernah ngoding ginian, jadilah gw gak ngerti apa2 XD). Jadilah selama 1 jam gw cuman manggut2 (eh tapi kodingannya banyak yang mirip ama kodingan gw pas mroyek Android kemaren :P). Gw nunggu aja deh ntar klo dah ada SDK buat yang Java πŸ˜€

Sesi terakhir untuk hari itu yang gw hadiri adalah “Deploying Customer and Enterprise Applications: An Overview” oleh Sarim Aziz. Inti dari sesi kali ini adalah:

1. Ekosistem BB yang berbeda-beda (bagaimana developer mendeploy app yang sesuai dengan target OS yang dituju)

2. Keluaran binary dari sebuah BB app yang akan dipakai untuk mendeploy aplikasi tersebut.

3. Teknik-teknik deployment yang dapat digunakan.

Selesai sesi hari itu, istirahat dan peregangan kaki sebentar, we’re invited to attend the gala dinner. My thoughts: Long Live The Food!!!!! Pas itu juga ketemu sama Arief Widhiyasa, IF05 dan bos Agate Studio dan semeja sama wartawan forsel (apa selular yak?) & one of Jatis’s boss (dan gw lupa nanya dua2nya, must be the food effect :P). Gala dinnernya sih intinya cuman buat makan2 dan nikmatin performance band live (Enigma from Singapore), and the band seems to go more lively as the night goes πŸ˜€

And that wrapped first day πŸ˜€

(to be continued: 2nd day)

ses

Advertisements

A bit late for review, but still better than never πŸ˜€

Sekarang gw akan menuliskan hasil perjalanan ke Blackberry Developer Conference Asia 2011 kemarin, yang bertempat di Westin Resort, Nusa Dua, pada tanggal 12-14 Januari yang lalu. Review akan dibagi menjadi beberapa part untuk mencegah penulis menulis panjang-panjang πŸ˜€ Before that, I’d like to also thank Paw and Andra for theΒ  free invitation (cheers, mate!) πŸ˜€

Well, so here it goes:

DAY 0

Oops, kayaknya judulnya tulisannya day 1, kok malah day 0 duluan? πŸ˜€ Jadi, hari pertama, yaitu tanggal 12 (atau day 0) itu gak ada acara apa-apa selain:

Continue reading

Hello 2011!

OK, setelah 7 tahun bulan hiatus ngeblog, dan setelah perjuangan mencabut suspensi yang tiba-tiba menimpa blog ini (I’d like to salute the WordPress.com support, they acted quite fast!) dan untungnya hanya sebuah kesalahan teknis, maka blog ini secara de facto dan de jure dibuka kembali!

:tepuktangan: :backsoundtepuktangan:

Mudah-mudahan niat bagus untuk bisa ngeblog secara berkala (tidak sering-sering, tapi sesuai dosis :D) ini tetap bisa terjaga. Amin!

Untuk kali ini, postingan cuman diperuntukkan buat menguji theme baru, dan juga pemberitahuan kisi-kisi postingan blog yang akan muncul dalam beberapa hari mendatang, yaitu:

1. Review Blackberry Developer Conference Asia 2011 at Nusa Dua, Bali the week before, which I attend

2. Review beberapa bulan hidup gw di pulau dewata.

3. Anything else that may comes up during my free time πŸ˜›

So, adios for now! Wait for my next blog post!

Untuk kali ini, soal yang diberikan adalah sebagai berikut:

Dikisahkan Anda diteror oleh seseorang di rekening Facebook Anda. Misalnya Anda menerima message dari orang yang tidak dikenal secara berulang-ulang, atau orang tersebut menuliskan pesan yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana Anda mengetahui siapa orang ini?

Dalam kasus lain, Anda diminta untuk mencari tahu siapa yang membuat sebuah group tanpa ikut menjadi anggota dari group tersebut. Bagaimana caranya?

Singkatnya Anda diminta untuk melakukan investigasi terhadap rekening facebook. Uraikan ide-ide Anda.

Continue reading

[II3062] Snifffffssssss……

Untuk tugas kali ini, deskripsinya adalah sebagai berikut:

Anda diminta untuk menggunakan program sniffer (penyadap) seperti wireshark, tcpdump, atau sejenisnya untuk melakukan salah satu dari hal di bawah ini:
1. mengukur jumlah data yang digunakan untuk membuka satu sesi gmail atau facebook;
2. memantau serangan dari port scanning yang dilakukan dengan menggunakan program nmap.
Untuk yang (1) yang disebut satu sesi adalah login, membaca sebuah email (atau menulis sebuah email), kemudian logout. Jangan lupa program sniffer diset agar *semua* data ditangkap. Biasanya default dari program sniffer hanya menangkap header saja. Tujuan utamanya adalah untuk menghitung jumlah data yang ditangkap.

Untuk (2) tujuannya adalah untuk melihat pola “serangan” port scanning yang dilakukan oleh nmap. Apakah dia melakukan scanning dengan menguji port secara berurutan?

Untuk no.1, kakas yang digunakan adalah wireshark. Sebelum mengcapture, filter diset terlebih dahulu untuk disesuaikan dengan keadaan kampus yaitu menggunakan host 167.205.35.xx (IP saya) dan 167.205.22.103. Berikut hasil capture untuk satu sesi gmail:

hasil capture wireshark

hasil capture wireshark

Kemudian setelah selesai, dilakukan summary atas capture yang dilakukan barusan. Hasil summarynya adalah sebagai berikut:

hasil summary wireshark

hasil summary wireshark

Ringkasannya, jumlah data yang terkirim dalam satu sesi gmail saya barusan adalah sebesar 397.562 byte. Sedikit karena saya tidak membuka email yang berisi gambar, tidak menggunakan theme atau addon yang banyak serta hanya sebentar menjalani satu sesi.

Untuk tugas no.2, tidak saya lakukan karena perintahnya menyuruh hanya melakukan salah satu πŸ˜€ . Sekian.

Yak..jadi…seminggu yang lalu dah dipost mengenai teks ini:
https://rpadikhrisna.wordpress.com/2010/03/17/ii3062-steganografi/

Jadi di dalamnya ada pesan tersembunyi. Bagaimana cara menemukannya? Biar seru tidak akan diberitahu jawabannya, tapi akan diberitahu cara mencari jawabannya. Berikut caranya:
1. Jumlah huruf dalam kalimat yang tersembunyi sama dengan jumlah kalimat di teks ini.
2. Huruf ke-i di kalimat ke-i pada teks sama dengan huruf ke-i di kalimat yang tersembunyi.

Terlihat mudah bukan?

Sekian.

[II3062] Steganografi

Untuk tugas kali ini, berikut deskripsinya:

Buatlah sebuah “steganography” yang berisi pesan seperti diberikan di kelas. Untuk tugas yang ini, Anda diminta untuk menyamarkan pesannya.

Jangan beritahukan isi pesannya atau cara membacanya. Cara membaca akan ditautkan minggu depan.
Dan berikut teks yang berisikan pesan tersembunyi kali ini, meskipun dalam bahasa Inggris, pesannya tetap dalam bahasa Indonesia. Here it is: Continue reading

[II3062] Self Generating Code

Untuk tugas kali ini, berikut spesifikasinya:

Tugas Anda adalah membuat self-generating code seperti yang ada di paper Ken Thompson, Reflections on Trusting Trust. Bahasa pemrograman bebas.

Self generating code ini juga disebut quine
Dalam pengerjaannya, digunakan bahasa C#. Kode seperti dibawah:
Continue reading

[II3062] Anatomi Email

Untuk tugas II3062 Keamanan Informasi kali ini, tugasnya adalah sebagai berikut:

Kirimkan email ke diri sendiri (atau minta orang lain untuk mengirimkan email) dengan dua attachment (yang kecil saja). Identifikasi bagian-bagian di email, mana yang menunjukkan separator (pemisahan) dan mana attachmentnya (dan dikodekan dalam format apa).

Jadi, untuk tugas kali ini saya mengirim imel berisikan dua attachment file .txt pendek melalui akun gmail ke diri saya sendiri. Setelah diterima, untuk melihat bentuk email yang sebenarnya, terdapat fitur “Show Original” di dalam email. Tampilan yg muncul di setelah diklik adalah bentuk email asli dalam format plainteks atau teks biasa

Continue reading

Untuk tugas II3062 Keamanan Informasi kali ini terkait dengan DNS (Domain Name System). Rinciannya sebagai berikut:

1. Anda diminta untuk mencari pemilik dari domain detik.com melalui whois. (Sebagai tambahan, Anda bisa melihat apakah name server-nya sama dengan yang ada jika di-query dengan nslookup.
2. Berapa banyak domain tingkat 4 (4th level domain) di itb.ac.id dan buat daftarnya. (Yang perlu Anda cari hanya yang *.itb.ac.id.) Tools apa yang Anda gunakan?

Untuk soal yang pertama, menggunakan whois.com, didapat hasil sebagai berikut: Continue reading